Kamis, 03 Desember 2020

Hadir di Kotamu EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

Dalam penelitian deskriptif kualitatif informan dipilih orang-orang yang dianggap mengetahuai dan memahami secara baik dan benar tentang kegiatan-kegiatan promosi dan customer service di English First (EF), serta dinilai mampu memberikan informasi-informasi akurat yang dibutuhkan peneliti sehubungan dengan penelitian yang sedang dilakukan.

Pemasaran menurut William J. Stanton didefinisikan sebagai berikut: pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan, mempromosikan, dan mendistrribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik bagi konsumen maupun konsumen potensial (Basu, 1996: 10). 

Proses pemasaran adalah proses tentang bagaimana suatu lembaga atau perusahaan dapat mempengaruhi, konsumen menjadi tahu, senang kemudian membeli produk yang ditawarkan sehingga konsumen menjadi pua dan akan menjadi pelanggan. 

Cara untuk melakuakan hal diatas memerlukan perencanaan hingga pengawasan serta tindakan. Dalam hal pemasaran ini dikenal dengan adanya bauran pemasaran atau yang lebih sering disebut marketing mix. 

Marketing mix ini adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerusmencapai tujuan pemasarannya. Mc Carty mengklasifikasikan alat-alat itu menjadi empat kelompok yang luas yang disebut empat P dalam pemasaran: Produk (product),harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion).

Rumusan umum marketing mix adalah dengan komponen 4P (Kottler, 2000: 18). Hal ini juga diungkapkan oleh Kottler dan Fox bahwa kegiatan manajemen pemasaran jasa khususnya di bidang pendidikan terkait dengan tujuh variable, yakni: product, place, price, promotion, people, physical facilities, and process (7P) atau yang lebih dikenal dengan sebutan bauran pemasaran jasa pendidikan (service marketing mix) (Lupiyoadi, 2001: 126).

Marketing mix ini diterapkan bukan hanya untuk meningkatkan penjualan dan jumlah pembeli semakin banyak saja. Namun, mengejar kesediaan mereka untuk menjadi konsumen yang loyal terhadap perusahaan. EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional Sebuah perusahaan dapat dikatakan berhasil, salah satu indikasinya apabila bisa menjalin hubungan yang baik dengan pihak eksternal. Pihak eksternal salah satunya adalah pelanggan.

Dalam hal ini penulis memilih 1 (satu) orang Center Director, 1 (satu) orang Center Manager, 1 (satu) orang Center Finance, 1 (satu) orang Marketing Coordinator, 2 (dua) orang Course Consultant, dan 10 (sepuluh) orang siswa English First (EF).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar